Sabtu, 07 Desember 2013


Hei kalian, kali ini di #blogAri isinya gak bakal cuma bacot gak penting doang. Dan karena gue pengen berguna buat orang lain, gue mutusin akan sesering mungkin mosting Tutorial tentang dunia Multimedia yang semoga bisa berguna buat kalian. #AMINNN

Dan untuk louncing, dilapak pertama edisi Tutorial, gue bakal ngasih sedikit Tutorial tentang “Cara Membuat Closing Film Dengan VideoPad” mahsudnya? Gini nih, lo pernah liat sebuah film kan? Dan diakhir-akhir film pasti ada tulisan kayak nama-nama pemain, dan crew pembuat film, dan ucapan-ucapan makasih untuk sponsor dll kan?


Lah itulah yang bakal gue coba jelasin di tutorial kali ini. gimana caranya? Langsung aja kita simak rangkuman tutorial dibawah ini. dan satu lagi, kalo kurang jelas, lo juga bisa download video tutorialnya yang udah gue siapin dibawah nanti. :D


   1.     Buka dulu VideoPad-nya. Oiya, disini gue nggunain VideoPad Pro v 2.41 yang Free Version ya.

   2.    Selanjutnya, klik “Add Media.” Disitu lo harus masukin kertas item polos (NB: kertas item polos bisa lo buat di paint dan save format .png gue yakin lo pasti ngerti dan bisa! :) ) dan masukin juga soundtrack/music yang bakal lo pake buat backsound-nya.


   3.    Next, drag kertas item polos dan soundtrack tadi ke bagian yang bisa lo liat digambar. I belive you can! :)


   4.    Lanjut, perbesar ukuran kertas. Kalo udah, klik tanda “+” yang ada disebelah tulisan “Overlay text” hingga muncul layer “New Overlay” disitu lo bisa nulis apapun yang mau dijadiin closing.


   5.    Setelah klik “Ok” sehabis menulis di “New Overlay” akan ada barisan tulisan baru dibawah bagian kertas item. Disitu lo harus mbesarin sampai full ke kertas item tadi. Habis itu dibagian layar preview 1 (lihat gambar) klik tanda kebawah hingga ada susunan menu “No Scrol” “Size” dll.
Disitu ganti tulisan “No Scroll” jadi “Buttom to Top” dan atur size-nya menjadi lebih kecil.


   6.    Selesai. Buat mastiin Closing yang lo buat berhasil apa engga, coba lo klik tulisan “Preview” (lihat gambar)


   7.    Simpan video tadi ke format .AVI dan tunggu sampai selesai.


Itulah sedikit Tutorial mengenai cara membuat Closing Film dengan VideoPad. Gimana, jelas gak? Kayaknya kalo Cuma dijelasin pake tulisan susah ya? Tenang, disini gue udah nyiapin Video tutorial cara buat Closing sama dengan VideoPad.

Download video tutorial “Cara Membuat Closing dengan VideoPad”
[DISINI] (size 18.7 MB #format .AVI)

Wokeh, thanks atas perhatiannya, semoga tutorial diatas bisa sedikit mbantu lo dan memberikan kesan kalo “dunia Multimedia itu gak susah ternyata” :D hahhha.. see you next lapak!

2 komentar: