Kamis, 17 Juli 2014

Perhatikan uangnnya, jangan tangannya
Halo selamat sore. Karena gue sadar diri kalau masih boros dalam menggunakan uang sangu, pada postingan kali ini gue mau bikin tips + catatan untuk memanagenya. Sebenernya sih ini untuk gue pribadi, tapi semoga aja kalian yang masih boros seperti gue mulai bisa memanage uang jajan. Oke, langsung aja disimak! :)

Catatan Manage

Klik gambar untuk memperbesar
Sekedar catatan, uang sangu harian gue adalah 10.000 ribu. Biasanya sih langsung habis buat jajan yang aneh-aneh karena mengadopsi filsafat jawa; “sing penting weteng wareg”. Tapi saat ini udah mulai berpikir kalo tindakan itu adalah boros dan mubadzir uang. Gue juga ingin bisa bayar SPP sendiri, beli paketan internet sendiri, dan punya tabungan. Maka jadilah catatan manage uang seperti gambar diatas.

Alasan mengapa pembagian uangnya seperti itu :
      - SPP + Tabungan Sekolah = 5.000/hari
SPP disekolah gue mahal, jadi sengaja gue naruh setengah dari uang jajan gue dibagian SPP.
      - Keperluan tak terduga = 2.500/hari
Ini nih yang bikin upaya manage uang sangu gue selalu gagal. “kita gak tau apa yang akan terjadi nanti, jadi harus ada pegangan uang buat jaga-jaga” –Mamah-. Dan ternyata benar! Kadang duit udah terkumpul banyak ehhh, malah ada bayaran fotocopy-lah, urunan-lah, ini-lah, itu-lah. Jadi persiapan uang harus selalu ada agar uang dikeperluan lain gak diusik.
      - Jajan = 1.500/hari
Nahhh, ini dia masalah utamanya. Pasti kalo ada uang aja, kita pasti bawaannya pengen dibeli buat makanan ini-lah, itu-lah dikantin atau pinggir sekolah. Padahal sayang loh. Lebih baik bawa makanan dari rumah, “lebih higienis” ucap guru TK, Selain itu bisa ngirit uang. Jika pengen banget jajan ya gunakan uang 1.500 untuk jajan, kalau engga ya masukin ke tabungan pribadi. Lumayan tuh buat tambah-tambah!
      - Tabungan Pribadi = 1000/hari
“sedikit-demi-sedikit nanti menjadi bukit” itulah pepatah yang mengajak kita untuk menabung walau uang seberapapun. Setuju banget gue! Jadi kalau kalian pengen beli barang yang kalian incer gak perlu minta ke ortu, cukup gunakan tabungan pribadi aja.

Tips
      -  Agar acara manage uang-nya sukses, usahakan membagi-bagikan uang ke ‘tempatnya masing-masing’ saat pagi hari sehabis dikasih uang/disekolah. Kenapa? Karena jika dibaginya siang hari ‘keburu’ kegoda sama jajanan di kantin :o
      -  Bawa bekal makan dari rumah. Kalau istirahatnya disekolah dua kali akalin aja kaya gini; istirahat pertama makan jajanan 500-an satu aja, terus istirahat keduannya baru makan dengan bekal dari rumah.
      -  Untuk paketan internet lebih baik langsung yang bulanan. (gue pribadi masih bingung nyari operator mana yang murah internetan perbualannya).
      -  Berkomitmen. Iya kita harus punya komitmen untuk terus melalukan manage uang ini seterusnya. Gimana caranya? Bikin motivasi adalah jawabannya.

Oke, itu dia sedikit tips dan cara memanage uang yang sedang gue jalani saat ini. Semoga jadi inspirasi bagi kalian semua ya. 

3 komentar: