Jumat, 02 Mei 2014

Halo? UTS udah selese, minggu ini Classmeeting. jadi ya enak aja buat Internetan sampe malem :D dan kali ini gue mau nyampah biasa di #blogGue haha, ga papa kan? yang penting buat gue gak masalah kok :) Emmmm, enaknya mbahas topik apa ya malam ini? sebenernya sih mau ngeshare Tutorial, tapi nanti aja deh, males nyiapin tulisannya, padahal tutorialnya bagus loh. penasaran? tunggu aja besok ;)

Mending sharing tentang tugas-tugas multimedia yang lagi kita hadapi kali ya? (red: tugas Campursari sama Pawarta bahasa Jawa). yups, pak H*r emang rajin banget ngasih tugas yang hubungannya sama shooting-shootingan, gue sih seneng-senang aja, lagian jadi kita sering latihan jadi crew. tapi malesnya itu kalo tugasnya aneh-aneh, kaya bikin video Campursari -_- dan dipostingan kali ini gue mau ngasih tips buat ngatasin masalah-masalah shooting diatas :D Simakkkk :

1. Pawarta

Ini nih tugas yang udah dikasih sejak jaman nenek moyang tapi belum kita buat :D dan sekarang gue mau ngerjain tugas itu. kenapa? ya biar nile b. jawa gue bagus -_- coz kalo ulangan biasanya remidi terus wkwkw :D langsung aja, ini tipsnya versi gue:
- Bikin Storyboard, pokoknya kalo mau ngerjain apapun harus ada storyboardnya, terutama soal multimedia-multimediaan. kenapa? biar lebih gampang pembagian waktunya plus efesien waktu ;)
- Siapin liputannya dulu, ini yang kadang-kadang keliru, biasanya kita langsung shooting, padahal seharusnya video liputan harus disipin dulu, biar lebih terarah pas shooting
- Dubbing, siapin skenario buat liputannya. kalo bisa diedit langsung sama videonya biar pas waktunya.

2. Campursari

Ini nih tugas yang wkwk banget -_- yang harus disiapin tentu storyboard, properti, lagu, sama dubbingnya. buat lebih lengkap tentang tipsnya berikut gue share:
- Cover/Dubbing dulu, jangan langsung bikin Video clip! ini yang penting nih. kalo kita bikin videonya dulu malah nanti pas nyanyi gerakan mulutnya gak pas gimana? repot kan?
- Manage waktu dan klasifikasi tempat! jadi nanti gak setiap scane harus bolak balik. rempong banget dah kalo shooting di satu tempat cuma buat durasi 4 detik, terus pindah ke tempat lain 4 detik, terus balik lagi -_-
- Editor harus siap mental! ini HARUS. kalo engga malah nanti ngeditnya engga maksimal -_-

udah gitu aja paling tips yang bisa gue kalih. lho, ujung-ujungnya kok tutorial juga ya? padahal tadi niatnya mau nyampah :o ga papa dah, yang penting bisa bermanfaat dan ngisi waktu luang gue. See neks lapak yaaaa :D

0 komentar:

Posting Komentar